July 2024

Mengundang Gen Z ke dalam Pelayanan dan Pemuridan

Saya bukan ahli dalam memanen buncis, tetapi dari pengalaman, saya dapat mengatakan bahwa hal ini membutuhkan ketekunan dan perhatian yang besar jika dilakukan dengan tangan. Baru-baru ini saya menghabiskan satu bulan tinggal di pusat kota New York bersama Bruderhof, sebuah komunitas Anabaptis yang berdedikasi pada pemuridan dan berbagi hak milik. Pada suatu hari di bulan Agustus, salah satu kelompok dari komunitas tersebut memanen tanaman buncis sementara yang lain memasak daging babi di pengasapan untuk makan malam.

Bagaimana Doktrin Pengudusan Mendorong Praktik Disiplin Gereja

Lebih dari 150 tahun yang lalu, pendeta Baptis John Dagg menulis, "Ketika disiplin meninggalkan sebuah gereja, Kristus akan pergi bersamanya." Dagg menyadari bahwa mengabaikan disiplin akan merusak kredibilitas kesaksian gereja. Ketika dosa yang tidak disesali membusuk di antara mereka yang mengakui nama Kristus, gereja mulai salah mengartikan Injil.

Yesus Tidak Malu Membahas Topik-Topik tentang Disiplin Gereja

Yesus menetapkan disiplin gereja untuk menjaga kekudusan gereja dan untuk mengingatkan umat-Nya bahwa Dia mengampuni mereka ketika mereka bertobat dari dosa-dosa mereka, dan tunduk kepada ketuhanan-Nya.

Kita sering kali berfokus pada aspek pertama -- teguran atas dosa yang dapat berakhir dengan pengucilan. Meskipun hal ini seharusnya menjadi perhatian kita dan menghasilkan ketenangan yang kudus di dalam diri kita, tetapi ini bukanlah keseluruhan cerita.